TUHAN SANGGUP MEMULIHKAN UMAT-NYA

Referensi Kotbah 03 Januari 2021

Yeremia 31:7-14

Selamat tahun baru untuk kita semua, hari ini kita memasuki hari ke-3 di tahun 2021. Kita patut bersyukur kepada Tuhan Yesus karena masih diberikan kesempatan hidup, menikmati kebersamaan dengan keluarga, saudara-saudara seiman, partner bisnis dan kerja, masyarakat sekitar dan rekan sepelayanan. Hanya kemurahan Tuhanlah, kita bisa menjalani 10 bulan masa pandemi covid-19, yang tentu berdampak dalam berbagai pergumulan: ruang gerak dan relasi yang terbatas, rasa bosan karena semua kegiatan dari rumah, rasa rindu bisa kebaktian di gereja dan bertemu dengan teman-teman,  kesehatan, krisis ekonomi dan ketidakpastian kapan pandemi ini berakhir? Di tengah realitas ini, bagaimana perasaan kita: apakah masih tetap optimis ada harapan baru di 2021 bahwa hidup akan lebih baik karena percaya bahwa Tuhan akan memulihkan keadaan kita?

Bangsa Israel sebagai umat pilihan Allah, seharusnya mereka setia dan hanya menyembah Allah Israel, tetapi sebaliknya mereka tidak lagi mengandalkan Tuhan bahkan meninggalkan-Nya. Karena itu, Allah memanggil nabi Yeremia untuk menyampaikan nubuatan bahwa mereka akan mendapat penghukuman menjadi bangsa tawanan selama 70 tahun di Babel. Tentu menjadi tawanan/budak di negeri orang merupakan pengalaman pahit, bahkan bisa menghilangkan harapan adanya kehidupan yang lebih baik. Kabar baiknya, nabi Yeremia tidak hanya menyampaikan nubuatan penghukuman, tetapi juga nubuatan janji pemulihan di mana Tuhan akan mengubah ratapan menjadi sorak-sorai, tangisan menjadi sukaria (ay. 8-14). Ini bukti bahwa ketika Tuhan mengizinkan mereka mengalami penderitaan sebenarnya ini wujud kasih sayang Tuhan kepada umat-Nya untuk mendidik, mengajar dan menyadari bahwa hanya Allah saja yang patut disembah dan sumber pertolongan. Tentu, jika Tuhan yang berjanji, Ia akan menepati semua janji-Nya sesuai waktu-Nya.

Jemaat yang dikasihi Tuhan, melalui kehidupan bangsa Israel kita diingatkan untuk jangan takut menjalani tahun 2021, meskipun kita tidak tahu apa yang akan terjadi di depan. Kalaupun kita harus menghadapi banyak tantangan, ingatlah kita berjalan bersama Allah Imanuel yang selalu menyertai, menolong dan memulihkan keadaan kita. Pertanyaannya adalah “Maukah kita menjadikan Tuhan Yesus sebagai tempat perlindungan dan mau berjuang hidup memuliakan Tuhan?”

Selamat Tahun Baru 2021, Tuhan Yesus memberkati!

“Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.” Yeremia 29:11