ROH KUDUS SANG PEMBELA DAN PENOLONG MEREKA

Referensi Kothbah 17 Mei 2020

Istilah “penghibur atau penolong,” dalam bahasa Yunani disebut Parakletos (Yoh. 14:16, 26; 15:26; 16:7). Ia adalah Allah Roh Kudus, Pribadi ketiga dari Allah Tritunggal. Ia mendiami setiap orang percaya untuk membimbing dan mengajar firman Allah, serta menuntunnya ke dalam segala kebenaran-Nya. Roh Kudus juga akan memberikan damai sejahtera-Nya (Yoh. 14:27), kasih-Nya (Yoh. 15:9-10) dan sukacita-Nya (Yoh. 15:11).

Tuhan Yesus tahu bahwa para murid dan setiap orang percaya akan menghadapi berbagai tantangan hidup yang akan menarik mereka jauh dari Tuhan dan firman-Nya. Maka dari itu, Parakletos diutus untuk menolong mereka menghadapi berbagai tantangan, sehinggamereka menjadi seorang pemenang bahkan lebih dari pemenang. Ketika kita menyadari kehadiran Allah Roh Kudus sebagai penolong yang senantiasa menyertai kita, maka kita tidak akan putus asa apalagi mengambil jalan pintas. Sebaliknya, kita akan setia mengikuti proses itu, sebab kita tahu ada maksud Tuhan yang mulia di dalamnya.

Rasul Paulus dalam Filipi 4:13 berkata “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.” Sekalipun banyak tantangan yang ia hadapi dalam pelayanan, tetapi tidak pernah membuatnya undur, apalagi menyangkal Tuhan. Paulus memilih untuk fokus kepada janji penyertaan Tuhan, sehingga ia mampu setia sampai akhir. Demikian jugalah dengan setiap kita yang telah menerima Roh Kudus dalam hidup kita. Ia pasti menolong dan menopang iman kita agar tidak goyah (1 Tes. 3:3). Amin.

Tuhan Yesus memberkati.

~Pnt. K. Aronika Hutasoit~