Rahasia Yang Dinyatakan

Referensi Kotbah 20 Desember 2020

Roma 16:25-27

Injil adalah rahasia yang tersembunyi selama berabad-abad (zaman PL), tetapi sekarang harus diberitakan menurut perintah dan dengan kuasa Allah. Injil bukan hanya milik segelintir orang, tetapi milik semua orang dari segala bangsa yang mau menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruslamat secara pribadi. Pemberitaan Injil bertujuan untuk membawa setiap orang dari kebinasaan kekal kepada kehidupan kekal. Dengan demikian pemberitaan Injil adalah pekerjaan yang sangat penting dan genting yang tidak dapat dianggap remeh, apalagi ditunda-tunda atau diabaikan.

Misi pemberitaan Injil hanya satu, yaitu untuk kemuliaan nama Tuhan. Maka setiap orang yang dipakai Tuhan untuk memberitakan Injil, harus melakukannya sesuai dengan kehendak Tuhan, bukan kehendak dan kepentingan diri. Seluruh bentuk pelayanan yang dilakukan oleh hamba-hamba Tuhan dan semua orang percaya haruslah mengarah pada kemuliaan Tuhan.

Pemberitaan Injil harus menuntun orang kepada pengenalan akan Kristus dan karya-Nya, sekaligus kepada ketaatan iman kepada Kristus. Jika sebelumnya setiap orang menaati daging dengan segala keinginannya yang membinasakan, maka sekarang imannya kepada Kristus akan menuntunnya ke hidup di dalam Roh yang menyelamatkan. Tuhan akan memampukan setiap orang percaya untuk taat, sekalipun menghadapi berbagai pergumulan dan tantangan, seperti yang dihadapi oleh rasul Paulus, tokoh-tokoh Alkitab dan banyak orang percaya lainnya.

Kiranya memasuki Minggu Adven ke-4 ini, kita pun semakin menghayati dan mensyukuri kasih Kristus yang menjangkau kita menjadi umat kepunyaan-Nya. Penghayatan ini akan mendorong kita untuk senantiasa taat kepada rencana dan kehendak-Nya, sehingga kita senantiasa mempermuliakan Tuhan di dalam dan melalui hidup kita.

Soli Deo Gloria

~ Pnt.K. Aronika A. Hutasoit ~