PERSIAPKANLAH JALAN UNTUK TUHAN!

Referensi Kotbah 06 Desember 2020

Yesaya 40:1-11

Renungan Minggu ini mengingatkan kita untuk mempersiapkan jalan untuk Tuhan. Melalui Yesaya 40:1-11, Yesaya memberi nubuatan untuk bangsa Isael yang ada di pembuangan di Babel. Tentunya kondisi Israel ada dalam tekanan, baik politik, ekonomi, kepercayaan dan situasi yang tidak menentu di bawah kekuasaan Babel. Di tengah situasi ini Yesaya memberitakan janji kelepasan yang akan datang dari Tuhan, sekaligus menubuatkan kedatangan Juru selamat sebagai pembebas dan pemulih umat. Beberapa pesan yang Yesaya sampaikan, yaitu:

  1. Tuhan akan memberi penghiburan (ay. 1-2). Tuhan berjanji melalui nabi Yesaya bahwa umat akan dihiburkan dengan berakhirnya perhambaan atau perbudakan, sementara Babel akan mendapat hukuman dari dosa mereka. Sekaligus, berita kehadiran Juru selamat yang dinubuatkan oleh Yesaya menjadi tanda bahwa Tuhan menghiburkan umat-Nya.
  2. Kemuliaan Tuhan akan dinyatakan (ay. 3-5). Umat Israel diminta untuk mempersiapkan jalan bagi Tuhan, yaitu dengan menjauhi penyembahan ilah-ilah lain dan hanya menyembah kepada Allah yang benar. Kemuliaan Allah akan dinyatakan ketika umat datang menyembah-Nya. Nubuatan ini kemudian digenapi lewat kehadiran Yohanes Pembaptis yang menjadi pembuka jalan bagi Sang Mesias (Mat. 3:3). Melalui pribadi Yesus lah kemuliaan Tuhan telah dinyatakan bagi umat.
  3. Beritakan Allah (ay. 10-11). Umat yang telah menerima kelepasan dari Allah, selayaknya memberitakan Allah kepada setiap suku-suku bangsa. Umat memberitakan kebaikan dan kekuasaan Allah yang seperti seorang gembala yang merawat dan menghimpun domba-dombanya. Yang kemudian digenapi melalui pribadi Yesus, Sang Pelepas umat manusia dari perbudakan dosa, sekaligus Sang Gembala yang baik (Yoh. 10:11-18). Beritakan kabar baik ini!

Dalam memasuki Minggu Adven ke-2, firman ini menghiburkan kita di tengah penderitaan bahwa ada janji kelepasan dan kekuatan dari Tuhan jika kita menanti dengan setia. Tetaplah percaya bahwa Kristus akan datang kedua kali untuk memulihkan segala sesuatu. Badai pasti berlalu, sebab Tuhan bersama kita. Selamat menapaki Minggu Adven ke-2. Tuhan Yesus memberkati.

Pdt. Andri Wahyudi