MENJADI MURID YESUS

Referensi Kotbah 17Januari 2021

Yohanes 1:43-51

Mungkin saja selama ini banyak orang Kristen atau anggota gereja memahami arti Menjadi Murid Yesus adalah orang yang sudah dibaptis dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus; kemudian menjadi anggota gereja, aktif melayani di berbagai bidang pelayanan. Hal ini tidaklah salah, tapi baru sebagian yang dipahami. Pemahaman yang tidak utuh ini kadang membuat aktifis, bahkan hamba Tuhan meninggalkan Yesus dan beralih kepada kepercayaan di luar Kristus. Kalau begitu, mari kita renungkan apa itu Menjadi Murid Yesus dalam perikop di atas:

Yesus (Allah) yang memanggil setiap orang menjadi murid-Nya

Yesus berinisiatif untuk memanggil Filipus untuk menjadi pengikut-Nya (43); Walau selanjutnya Filipus yang memperkenalkan Yesus kepada Natanael (45), sejatinya Allahlah yang menggerakkan Filipus memanggil Natanel, karena sebelum Filipus memanggil Natanel, Yesus telah melihat Natanael di bawah pohon ara (48). Menurut Herman N. Ridderbos, dalam bukunya Injil Yohanes suatu tafsiran, Yesus tidak menerima pengetahuan-Nya dari Filipus; tetapi Yesus menyampaikan bahwa pemanggilan Natanael bukan hanya tindakan Filipus tapi Yesus memahami diri-Nya terlibat dalam kepergian Filipus ke Natanael.

Pengenalan akan Yesus semakin bertumbuh

Yesus tidak mempermasalahkan sikap awal yang kritis dari Natanael: “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?” (46). Sebaliknya, Yesus melihat jauh di dalam hati Natanael yang tidak ada kepalsuan (47). Setelah Natanael mengakui bahwa Yesus adalah Guru, Anak Allah, Raja orang Israel (49), maka Yesus menjanjikan hal-hal yang lebih besar kepadanya, yaitu ia akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia (50-51). Artinya, ada prinsip firman Tuhan yang berlaku bagi setiap orang percaya, bahwa setiap kita yang telah dipanggil Yesus harus juga bertumbuh dalam pengenalan kita pada-Nya. Kerinduan menggali Alkitab, beribadah dan bersekutu dapat menumbuhkan kasih kita kepada-Nya.

Untuk direnungkan

Jika saudara telah dipanggil Yesus menjadi murid-Nya dan mengalami penyertaan-Nya, adakah saudara juga memiliki kerinduan semakin mengenal Yesus tiap harinya? Adakah hidup kerohanian kita semakin menyerupai Kristus, Sang Guru Agung? Jadilah murid Yesus yang setia. Murid yang juga memberitakan kabar baik kepada semua orang sesuai talenta yang Tuhan berikan, sekalipun dalam keadaan yang paling sulit. Tuhan Yesus memberkati dan menyertai kita sekalian.

~ Pdt. Daniel Lie ~