LAKUKANLAH PEKERJAAN-NYA!

Referensi Kotbah 10 Mei 2020

Menjelang perpisahan dengan murid-murid-Nya, Yesus berkata: “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku ke situ untuk menyediakan tempat bagimu” (14:1). Sebelumnya Yesus telah menyampaikan kepada murid-murid-Nya: “Hai anak-anak-Ku, hanya seketika saja lagi Aku ada bersama kamu. Kamu akan mencari Aku, dan seperti yang telah Kukatakan kepada orang-orang Yahudi: Ke tempat Aku pergi, tidak mungkin kamu datang, demikian pula Aku mengatakannya sekarang juga kepadamu” (Yoh. 13:33).

Yesus akan pergi ke surga dan menyediakan tempat bagi murid-murid, lalu akan datang kembali dan membawa mereka ke tempat-Nya. Dan satu kalimat yang indah: “Supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.” Kalimat ini menunjukkan betapa besar kasih Allah, dan betapa dekatnya relasi Yesus dengan murid-murid-Nya. Ia pergi tetapi tidak selamanya meninggalkan murid-murid-Nya.

Ketika kita kehilangan orang-orang yang kita kasihi dan sangat dekat, kita akan merasa sangat kehilangan. Yesus tahu akan perasaan kehilangan dari murid-murid-Nya. Oleh sebab itu Ia berkata, “Jangan gelisah” dan memberikan jaminan bahwa mereka akan bersama dengan-Nya lagi nanti. Ketika Tomas bertanya tentang jalan menuju tempat itu, Yesus berkata: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (14:6) Kemudian Yesus ingin agar murid-murid memahami relasi antara diri-Nya dengan Bapa, “Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia” (14:7). Karena Filipus masih tidak mengerti, Yesus berkata: “Barang siapa telah melihat Aku, Ia telah melihat Bapa” (14:9).

Dengan demikian Yesus ingin murid-murid semakin mengenal relasi yang begitu indah dan dekat, yaitu Yesus ada di dalam Bapa dan Bapa ada di dalam Yesus. Yohanes 15:10 menulis, “Jika kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya.” Dalam hubungan kasih inilah Yesus ingin murid-murid-Nya juga memiliki hubungan kasih dengan menuruti perintah-Nya. Karena hanya melalui kedekatan hubungan kita dengan Allah sajalah, kita dapat menuruti perintah-Nya. Serta kasih-Nya yang akan memampukan kita melakukan pekerjaan-Nya, mengasihi dan melayani sesama kita.

Kesimpulan:

  1. Yesus menyediakan tempat bagi kita, oleh sebab itu jangan gelisah.
  2. Yesus ingin bersama-sama dengan kita, milikilah relasi yang dekat dengan-Nya.
  3. Yesus ingin kita percaya kepada-Nya.
  4. Yesus ingin kita mengenal-Nya lebih dalam lagi.
  5. Yesus memberi jaminan, Dialah satu-satunya jalan dan kebenaran dan hidup.
  6. Yesus ingin kita tinggal di dalam kasih-Nya dengan menuruti perintah-Nya.
  7. Tinggal di dalam kasih-Nya, memampukan kita melakukan pekerjaan-Nya.

~Pdt. Martin Elvis~