IMAN YANG TERUJI

Referensi Kotbah 28 Juni 2020

Kejadian 22 : 1 – 19, menceritakan tentang Abraham yang diperintahkan Tuhan untuk mengorbankan anaknya, Ishak sebagai korban bakaran bagi Tuhan. Walaupun sangat berat, Abraham melakukannya. Tetapi pada saat-saat terakhir, Tuhan menyediakan seekor domba untuk dipersembahkan sebagai ganti Ishak. Setelah itu Tuhan memuji Abraham dan memberikan banyak berkat kepadanya.

Dari cerita itu kita belajar beberapa hal :

  1. Abraham sungguh-sungguh beriman. Dia percaya, Tuhan akan menyediakan korban bakaran , itu kita lihat :
    • Ayat 5, Abraham berkata kepada kedua hambanya : “Kami akan sembahyang dan sesudah itu kami akan kembali kepadamu”. Abraham akan Kembali bersama anaknya, bukan sendiri “kami”
    • Ayat 8, sahut Abraham : “Allah yang akan menyediakan anak domba untuk korban bakaran”

Abraham percaya, kitapun harus percaya, Tuhan akan menyediakan yang terbaik buat kita yang taat, Tuhan tidak                      akan mencelakakan kita.

  1. Karena iman dan ketaatan Abraham kepada Tuhan, Tuhan menjanjikan banyak berkat kepadanya :

Ayat 17, Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan membuat keturunanmu sangat banyak seperti                        bintang  dilangit …………………….. dan keturunan mu itu akan menduduki kota-kota musuhnya. Oleh                                       keturunanmulah semua  bangsa di bumi akan mendapat berkat.

Hal ini menjadi contoh konkrit agar kitapun sungguh-sungguh beriman dan taat kepada Tuhan,      Matius 6 : 33 : “Carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenaranNya, maka semua akan ditambahkan kepadamu”

~ Pdt. Em. Kumala Setiabrata ~