KITA SATU DALAM ROH

Referensi Kotbah 31 Mei 2020

1 KORINTUS 12 : 1 – 11

Pada hari Pentakosta, Roh Kudus dicurahkan kepada murid-murid, sehingga terjadilah perubahan besar pada mereka. Murid-murid yang tadinya tidak berani bersaksi, kini diberi kuasa dan keberanian untuk menceritakan perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah. Petrus berkhotbah, ribuan orang menjadi percaya, bertobat dan dibaptis. Sejak
itu, terjadilah pertumbuhan gereja yang sangat pesat, sampai ke Efesus, Korintus, bahkan Roma, ibu kota kekaisaran Romawi. Di tengah pertumbuhan gereja itu, ternyata juga banyak masalah di dalamnya. Salah satu masalah besar yang mengancam gereja adalah konflik, perselisihan dan perpecahan.

Bahkan sejak para murid masih bersama Tuhan Yesus pun, sudah terdapat konflik. “Maka timbullah pertengkaran di antara murid-murid Yesus tentang siapakah yang terbesar di antara mereka” (Luk. 9:46). Demikian juga gereja di Korintus. Gereja yang baru berusia beberapa tahun dan banyak anggota jemaatnya, tetapi terdapat konflik karena perselisihan sebagaimana dikatakan dalam 1 Korintus 1:11, “Aku diberi tahu bahwa ada perselisihan di antara kamu.” Banyak hal yang menyebabkan konflik di gereja Korintus, salah satunya adalah tentang karunia-karunia rohani yang Tuhan berikan kepada mereka. Masing-masing orang menganggap dan mengatakan bahwa karunia yang mereka miliki, misalnya karunia hikmat atau bernubuat atau menyembuhkan, dan lain-lain adalah karunia yang lebih baik dan lebih penting dari pada karunia yang lainnya.

Bersamaan dengan itu, mereka saling meremehkan dan merendahkan orang-orang yang mempunyai karunia berbeda dengan mereka. Karena itulah Paulus menasihatkan mereka dalam 1 Korintus 12:1-11 bahwa memang benar ada bermacam-macam karunia, tetapi karunia-karunia itu diberikan oleh Roh/Tuhan yang sama dan dengan tujuan yang sama, yaitu untuk kepentingan bersama dan kemajuan gereja. Dengan demikian, rasul Paulus juga mengatakan, “Aku menasihatkan kamu, saudara-saudara demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekata, dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir” I Korintus 1:10. Nasihat ini tidak hanya berlaku bagi jemaat di gereja Korintus, tetapi juga kepada kita, jemaat Gereja Kristus Ketapang, saat ini. Tuhan menghendaki supaya kita erat bersatu, sehati sepikir, saling memperhatikan dan saling melengkapi dalam membangun tubuh Kristus dan gereja-Nya. Tuhan Yesus memberkati. Amin.
~Pdt. Kumala Setiabrata~