PERINTAH YANG MEMBAWA KEHIDUPAN

Referensi Kotbah 14 Juli 2019

Ulangan 30:9-20

Penampilan pria Yahudi pada umumnya sangat berbeda dengan pria Yaman muslim yang ada disekitar mereka. Model rambutnya disebut peyot/pe’ot/pe’at dimana rambut di bagian tepi atau sudut kepalanya dibiarkan memanjang sedangkan bagian depannya dicukur. Jika ditanya alasannya, mereka akan langsung menjawab ‘karena Tuhan telah memerintahkannya’, seperti di Imamat 19:27. Sekalipun mereka dianggap aneh dan tidak mengikuti tren kekinian, mereka tetap percaya diri dan tidak terpengaruh sama sekali.
Perintah Tuhan pasti bertujuan untuk kebahagiaan manusia, namun Tuhan tidak pernah memaksakan perintahNya untuk dilakukan. Manusia dapat memilih untuk taat atau tidak, dan setiap pilihan selalu mengandung konsekuensi yang mendatangkan keberhasilan atau kegagalan dalam hidup seseorang.
Perikop ini adalah saat-saat terakhir Musa bersama bangsa Israel sebelum ia berpisah dan akhirnya meninggal dunia (pasal 34). Seperti seorang ayah kepada anaknya, berulang kali Musa menasehati bangsa Israel untuk taat kepada Tuhan dan FirmanNya, tetapi berulang kali pula mereka gagal untuk taat. Mereka jatuh dalam penyembahan berhala yang membuat mereka menderita baik secara lahiriah maupun secara rohani.

Kehidupan orang percayapun demikian, setelah mengalami keselamatan di dalam Yesus, ia seharusnya hidup sesuai dengan Firman Tuhan, dimana Tuhan menjadi Tuan atas hidupnya dan Firman Tuhan harus mewarnai hidupnya. Hidup sesuai standar Firman Tuhan tentu akan terlihat aneh bagi orang pada umumnya. Ketika korupsi, perceraian, pergaulan bebas dan lain-lain menjadi hal yang sangat lazim kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, orang percaya justru harus hidup tampil beda.
Pilihan selalu ada dihadapan kita, dimana ketaatan akan membawa kepada kehidupan, dan ketidak taatan membawa kematian dan kebinasaan. Mana yang akan saudara pilih?

“Ingatlah, aku menghadapkan kepadamu pada hari ini kehidupan dan keberuntungan, kematian dan kecelakaan” Ul 30:15

~ Pnt.K. Aronika Hutasoit ~