BAPTISAN YESUS

Referensi Kotbah 12 Januari 2020

Matius 3 : 13 – 17

Apa itu Baptisan dan Baptisan YESUS seperti apa dan apa yang di maksudkan? Ada baiknya kita kilas balik kelas katekisasi seperti Katekisasi Heidelberg :
BaptisanKudus Minggu XXVI
69. Kita diingatkan dan diyakinkan dalam Baptisan Kudus dengan Kristus telah menetapkan permandian lahiriah ini, disertai janji.(Kis 2:38; Mat 28:19;I Pet 3:21)
70. Dengan dibasuh dengan DARAH KRISTUS dan ROH KUDUS, kita mendapat pengampunan dosa dari TUHAN, berdasarkan rahmat, karena DARAH KRISTUS yang telah ditumpahkan-NYA bagi kita dengan pengurbanan-NYA pada kayu salib.(I Yoh 1:7)
71. KRISTUS berjanji mau membasuh kita dengan darah dan Roh-NYA dalam penetapan Baptisan, yang berbunyi sebagai berikut, “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama BAPA, ANAK dan ROH KUDUS“ (Mat 28:19;Why 1:5; Gal 3:27).
Jadi baptisan merupakan tanda kepemilikan atau melambangkan bahwa kita telah mati terhadap dosa dan bangkit bersama Kristus.

Lalu apakah TUHAN YESUS berdosa sehingga perlu di baptis? Seperti apakah Baptisan YESUS itu? Salah satu serangan orang yang tidak percaya ialah bahwa YESUS hanya manusia biasa buktinya juga berdosa maka minta di baptis.
Mari ikutilah percakapan Yohanes Pembaptis dan YESUS yang meminta di baptis berarti ada maksud dan tujuanNYA: “Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan”. Apakah YESUS berdosa dan perlu bertobat? Bahkan Yohanes Pembaptis juga terkejut pada waktu Yesus datang kepadanya untuk dibaptiskan. Yohanes Pembaptis bahkan secara terus terang mengakui dosanya sendiri dan menyadari bahwa dialah orang berdosa yang membutuhkan pertobatan, Yohanes menyadari dirinya yang berdosa tidak layak untuk membaptis Anak Domba Allah yang tidak bercacat-cela: “Akulah yang perlu dibaptis oleh-MU, dan Engkau yang datang kepadaku?” (Matius 3: 14). Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: “Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah.” Dan Yohanespun menuruti-Nya. (Matius 3:15).
Jadi maksud dan tujuan TUHAN YESUS jelas bahwa
1. Taat kepada BAPA
2. Baptisan itu seperti tanda yang harus dijalani oleh Tuhan Yesus sebagai imam yang akan menanggung dosa manusia (ayat 15)
3. Mengikuti teladan YESUS
Bagaimana dengan saya dan orang percaya? Sudahkah di baptis dan percaya bahwa:
1. Mengakui di hadapan publik bahwa saya milik KRISTUS apa buktinya dan tandanya ? yaitu dengan memberikan diri di baptis dengan artinya mau memisahkan diri dari maut dan kuasa dosa
2. Keputusan dibaptis ialah menghasilkan pertobatan dan ini bisa di ukur dengan adanya buah2 pertobatan. Menaati BAPA, dengan meneladani KRISTUS serta memiliki karakter KRISTUS, mempersilahkan ROH KUDUS mengendalikan diri saya sepenuh-penuhnya.
3. Mematikan kepentingan diri menjadi abdi TUHAN dan untuk memuliakan TUHAN saja.

~ Pnt.K. Hilton Tantra ~